MySpace Ganti Wajah


Penulis : Annisa Indri Lestari

MESKI telah disingkirkan Facebook dan Twitter, MySpace tetap berupaya mempertahankan eksistensinya. Jejaring sosial daring ini merombak citra dan wajahnya menjadi pusat hiburan bagi pengikutnya yang kebanyakan kaum muda-mudi.

Dulu, pelopor jaringan sosial itu menjadi salah satu situs teratas di internet. Sekarang kenyataan itu tidak terbukti. Karenanya, mulai Rabu dan selama bulan depan, MySpace meluncurkan kembali situsnya yang memfokuskan diri kepada pengguna dalam mengonsumsi musik, video, dan gosip selebritas.

Sejatinya, sudah cukup lama MySpace memusatkan diri di dunia hiburan. Bersamaan dengan itu, MySpace juga menyasar iklan berbaris, lowongan kerja, bahkan ulasan pengguna dengan kemitraan bersama Citysearch yang mendorongnya menjadi portal sosial. Sayang, usaha tersebut tidak berhasil karena kalah dengan kemunculan Facebook.

CEO MySpace Mike Jones mengatakan untuk menarik diri dari kategori jejaring sosial. "MySpace sekarang menjadi tempat bagi siapa pun mencari tahu tentang band baru, chatting tentang acara TV dan membuat rekomendasi film," ujarnya.

Analis senior perusahaan riset eMarketer, Debra Aho Williamson mengungkapkan,"Saya tidak membayangkan apa yang sekarang ada di pikiran Rupert Murdoch (CEO News Corp yang membeli MySpace) bila akhirnya MySpace berubah menjadi situs hiburan sosial yang kecil."

News Corp membeli MySpace senilai US$580 juta pada 2005. Di tahun yang sama pula YouTube diluncurkan.

EMarketer memperkirakan bahwa pengiklan di MySpace seluruh dunia akan mengeluarkan US$347 juta pada tahun ini. Angka itu menurun dari tahun sebelumnya US$470 juta.

Estimasi perusahaan riset lebih tinggi ke Facebook. Dimana iklan belanja tahun 2010 sekitar US$1,3 miliar atau dua kali lipat dari tahun lalu sebesar US$665 juta. (OL-5)

Source:
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/28/178149/48/7/MySpace-Ganti-Wajah

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

WHITE IPHONE

Apple kembali tunda peluncuran white iPhone


SAN FRANCISCO. Mereka yang telah lama menanti kehadiran white iPhone harus bersabar. Selasa (26/10), Apple Inc menyatakan akan kembali menunda peluncuran iPhone eksklusif itu hingga awal tahun depan.

Versi teranyar iPhone 4 telah beredar di pasar sejak Juni lalu. Namun, Apple menunda peluncuran white iPhone hingga bulan Juli, kemudian mundur menjadi akhir 2010, dan kini menjadi awal tahun depan.

"Kami meminta maaf karena mengecewakan para konsumen yang telah menanti iPhone putih lagi," ujar Trudy Muller, juru bicara Apple, seperti dikutip Reuters. Namun, Muller tak menjelaskan penyebab penundaan tersebut.

Selama ini, Apple sendiri tidak pernah menjelaskan apa sebenarnya yang menyebabkan pembuatan white iPhone terkesan lebih sulit. Mereka hanya menyatakan bahwa proses pembuatan iPhone versi white itu lebih "menantang" dibandingkan versi aslinya.

Namun, sejatinya, wajar jika Apple tak terlalu buru-buru merilis white iPhone. Sebab, iPhone yang beredar sekarang pun, meskipun berwarna hitam, tetap laris manis.

Dalam tahun fiskal 2009/2010, per akhir September lalu, total penjualan iPhone telah mencapai 14,1 juta senilai US$ 8,6 miliar. Kini, iPhone tersedia di 89 negara di seluruh dunia.

Cipta Wahyana, Reuters

Source:
http://klasik.kontan.co.id/internasional/news/50668/Apple-kembali-tunda-peluncuran-white-iPhone

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Microsoft bakal Luncurkan Windows 8

Microsoft akan meluncurkan Windows 8 sekitar dua tahun ke depan. Komentar yang diluncurkan Microsoft disampaikan saat perusahaan merayakan ulang tahun pertama Windows 7.

Demikian disampaikan Microsoft dalam sebuah posting blog di situs web-nya di Belanda seperti dikutip dari Winrumors.com, Minggu (24/10).

Saat ini, Microsoft sedang mempersiapkan versi terbaru Windows. Perusahaan tidak menyebutkan secara pasti kapan waktu peluncuran Windows 8, namun diperkirakan sekitar dua tahun lagi.

Wakil Microsoft yang dihubungi Minggu (24/10) pagi menolak memberikan komentar. Presiden Eksekutif Microsoft dari unit Windows Steven Sinofsky enggan menjelaskan rencana masa depan perusahaan Windows.

Windows 7 dirilis pada Oktober 2009, dua setengah tahun setelah Windows Vista mulai dijual ke pasar. CEO Steve Ballmer telah berjanji bahwa setelah banyak penundaan Vista bahwa perusahaan tidak akan pernah lagi pergi begitu lama antara rilis Windows.

Perusahaan belum mengatakan banyak tentang Windows 8. Tetapi jika memang dua tahun keluar, ini artinya ada rentang tiga tahun antar rilis terbaru.

Dari presentasi yang sempat bocor pada Juni lalu menunjukkan bahwa Windows versi berikutnya akan mencakup, antara lain, sebuah toko aplikasi mirip dengan produk yang ditawarkan oleh Apple dan pembuat perangkat mobile lainnya. (Cnet/OL-9)

Source :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/26/177603/44/7/Microsoft-bakal-Luncurkan-Windows-8-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Bos BlackBerry "Tersinggung" Ejekan Steve Jobs



TORONTO, KOMPAS.com — Meski tak menyerang langsung ke BlackBerry Playbook, pernyataan CEO Apple Steve Jobs yang menyebut tablet 7 inci akan dead on arrival atau DOA alias mati sebelum berkembang membuat CEO Research In Motion Jim Balsillie merasa perlu menjawabnya. Menurutnya, rival bisnisnya itu sudah berkali-kali mengeluarkan pernyataan yang memutarbalikkan pengertian sehingga harus diluruskan.

Serangan Jobs itu kelihatannya memang salah satunya ditujukan kepada produsen BlackBerry itu mengingat Research In Motion (RIM) baru akan meluncurkan tablet pertamanya, BlackBerry Playbook, tahun depan. Tablet tersebut memang menggunakan layar berukuran 7 inci atau lebih kecil daripada iPad buatan Apple.

"Buat siapa pun yang tidak terkena pengaruh pemutarbalikan oleh Apple, kita tahu bahwa tablet tujuh inci akan jelas menempati porsi yang besar di pasar," kata Jim Balsillie dalam pernyataanya, Selasa (19/10/2010), sehari setelah komentar pedas Steve Jobs.

BlackBerry PlayBook kemungkinan bakal bersaing ketat dengan iPad buatan Apple. Tablet yang ditujukan untuk kalangan pebisnis itu mendukung penuh konten Flash, tidak seperti iPad. Selain itu, BlackBerry PlayBook sudah dilengkapi kamera depan dan belakang untuk konferensi video dengan rekaman kualitas tinggi.

Selain berkomentar soal serangan Jobs soal tablet 7 incinya, CEO RIM itu juga membantah klaim Steve Jobs bahwa iPhone berhasil mengalahkan penjualan BlackBerry karena berhasil menjual 14,1 juta unit dalam kuartal terakhir, sementara BlackBerry hanya 12,1 juta unit. Menjawab klaim ini, Balsillie mengatakan, data Apple dihitung sampai 25 September, sementara tahun buku RIM berakhir 28 Agustus. "Permintaan industri pada September biasanya lebih besar ketimbang saat musim panas," katanya.

Perang komentar antara Apple dan RIM bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, Steve Jobs juga sempat menyinggung kelemahan antena BlackBerry saat iPhone 4G dikritik punya kelemahan dalam penerimaan sinyal saat diluncurkan pada pertengahan tahun ini.

Source :
http://tekno.kompas.com/read/2010/10/22/00153077/Bos.BlackBerry.Tersinggung.Ejekan.Steve.Jobs

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Microsoft Ditinggal Kepala Arsitek Softwarenya


SAN FRANCSICO, KOMPAS.com - Microsoft bakal segera ditinggal Kepala Arsitek Software Ray Ozzie yang telah bergabung selama lima tahun. Tidak dijelaskan apa alasanya. Pastinya, jabatan yang ditinggalkannya kini dibiarkan kosong sampai waktu yang belum ditentukan.

CEO Microsoft Steve Ballmer menyatakan dalam emailnya kepada karyawan bahwa Ozzie masih akan tetap bersama Microsoft selama masa transisi. Di sisa waktunya, Ozzie akan berkonsentrasi ke dalam pengembangan teknologi entertainment yang kini sedang gencar-gencarnya digarap Microsoft. Ballmer mengatakan, sejauh ini Ozzie belum merencanakan apapun setelah pensiun.

Bergabung dengan Microsoft sejak tahun 2005, Ozzie yang kini berusia 54 tahun langsung menjabat chief technology officer saat Microsoft mengakuisisi perusahaan miliknya Goove Networks. Sejak itu, Ozzie bertanggung jawab mengembangkan layanan komputasi berbasis web yang menjadi pondasi bisnis software sebagai layanan berbasis webnya Microsoft.

Dialah otak pengembangan Microsoft Azure, sistem untuk membangun layanan software yang dapat diakses secara massal melalui web. Dalam emailnya, Ballmer secara khusus memberikan catatan jasa Ozzie sebagai pendorong Microsoft sehingga berkonetrasi ke layanan cloud computing, tidak hanya software ritel di dekstop.

Ozzie mengawali karir pada tahun 1980-an di Lotus Development Corp. Saat it ia memimpin pengembangan Lotus Symphony dan Lotus Notes. Kesuksesan Lotus menarik IBM yang akhirnya mengakuisis sebesar 3,5 miliar dollar AS pada tahun 1995 Ozzie kemudian mendirikan Groove yang mencetuskan ide kolaborasi banyak orang dalam aplikasi online. Cikal bakal cloud computing dio Microsoft inilah yang menjadikannya Kepala Arsitek Software menggantikan Bill Gates yang lebih dulu meninggalkan jabatannya di Microsoft.

Source :
http://tekno.kompas.com/read/2010/10/20/04043472/Microsoft.Ditinggal.Kepala.Arsitek.Softwarenya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

OUTLOOK KINERJA YAHOO!

Yahoo! pesimistis akan kinerjanya

SAN FRANCISCO. Musim laporan kinerja sudah tiba. Ada yang optimistis, ada pula yang pesimistis. Yahoo! Inc termasuk salah satu yang pesimistis. Salah satu portal web yang paling sering dikunjungi di AS ini memprediksi penurunan tingkat penjualan di bawah estimasi analis. Hal ini terjadi setelah pengguna internet dan pengiklan pindah ke situs lain seperti situs jejaringan sosial dan Google Inc.

Dalam pernyataannya, Yahoo! memprediksi, tingkat penjualan di luar pendapatan pada kuartal IV akan berkisar US$ 1,13 miliar hingga US$ 1,23 miliar. Sementara, analis mengestimasi penjualan sebesar US$ 1,25 miliar.

Chief Executive Officer Carol Bartz gagal meningkatkan pangsa pasar dari Google. Bahkan saat ini Yahoo! harus menghadapi persaingan sengit dengan Facebook dan situs jejaring sosial lain. Berdasarkan data ComScore Inc, pengguna internet AS menggunakan 9,5% waktu mereka ke situs Yahoo! pada September. Angka itu turun dari posisi dua tahun lalu yang mencapai 13,8%.

"Yahoo! masih banyak mendapat tekanan," jelas Colin Gillis, analyst BGC Partners LP di New York. Gillis merekomendasikan hold untuk saham Yahoo!.

Barratut Taqiyyah

Source :
http://klasik.kontan.co.id/internasional/news/50049/Yahoo-pesimistis-akan-kinerjanya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Nih, Bocoran Android 3.0 Aka Gingerbread

JAKARTA, KOMPAS.com - Android 3.0 alias Gingerbread sudah menjadi bahan perbincangan di internet
saat Google merilis Android 2.2 aka Froyo pertengahan tahun ini. Kabar terakhir, versi terbaru platform opensource untuk smartphone ini akan dirilis dalam beberapa minggu ke depan sebelum akhir tahun ini.

Gingerbread disebut-sebut mengusung fitur-fitur baru untuk mendukung layanan lebih kaya di smartphone.
Bahkan, bisa jadi versi pertama platform Android yang mendukung penuh karakteristik komputer tablet selain smartphone.

Desas-desus mengenai Android 3.0 sudah berkali-kali beredar. Namun, bocoran informasi pertama yang
diklaim dari sumber valid dirilis situs teknologi Phandroid. Informasi ini mungkin memberi sedikit gambaran mengenai platform tersebut. Benar atau tidak bakal terbukti saat Gingerbread diluncurkan nantinya.

Menurut laporan tersebut yang mengutip sumber dalam, Android 3.0 akan mendukung video chat lewat kamera depan. Fitur ini akan menyaingi Facetime di iPhone 4 dan layanan web conference yang makin menjadi kebutuhan di masa depan.

Android 3.0 kemungkinan menggunakan tampilan lebih menarik mengingat mantan kepala desain webOS Palm, Martias Duarte, bergabung ke tim pengembang Android di Google sejak Mei lalu. Bahkan, kemungkinan Google akan melarang user interface yang dirancang sendiri oleh vendor handset seperti Sense UI buatan HTC, Raphael buatan Sony Ericsson, dan Motoblur dari Motorola.

Selain itu, Google kemungkinan akan mengintegrasikan berbagai layanannya dalam aplikasi terpisah sehingga
pengguna lebih merasakan manfaatnya keitmbang sebagai fitur bawaan. Aplikasi yang terpisah juga mengurangi ketergantungan operator untuk selalu memberikan update kepada pengguna.

Seperti Android 2.2, Gingerbread akan menggunakan compiler Dalvik JIT untuk menghasilkan kinerja prosesor yang kencang. Namun, Gingerbread mungkin bakal boros sumber daya dengan kebutuhan spesifikasi hardware minimum prosesor 1 GHz, memori RAM 512 MB, dan layar 3,5 inci.
 
Source :
http://tekno.kompas.com/read/2010/10/20/02530760/Nih..Bocoran.Android.3.0.Aka.Gingerbread

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Google Lawan Gugatan Oracle

SAN FRNCISCO, KOMPAS.com - Google meminta pengadilan California untuk menolak tuntutan hukum oleh Oracle yang menuduh perusahaan raksasa pencari Internet tersebut melanggar patennya. Hal tersebut menjawab tuntutan pelanggaran paten Oracle yang diajukan pada Senin ke Pengadilan Distrik Utara California di San Francisco.

Oracle menuduh perangkat lunak Android buatan Google melanggar paten bahasa pemrograman komputer Java. Sejak mengakuisis Sun Microsystem, Oracle kini menjadi pemilik paten sah Java.

Namun, menurut Google, pihaknya percaya para produsen telepon bergerak dan pengguna sistem operasi open source berbasis Android tetap berhak menggunakan teknologi Java. Google mengatakan, Sun sebelum diambil alih Oracle telah menyatakan bahwa Java akan menjadi open source, yang membolehkan pengembang peranti lunak mana pun untuk menggunakannya dan melepas beberapa kode sumbernya pada 2006 dan 2007.

Google malah menuduh Oracle munafik. Saat Sun masih mengembangkan Java, komunitas open source, termasuk Oracle Corp. terus mengkritik karena Java belum juga menjadi open source secara penuh.

Oracle menyelesaikan akuisisinya terhadap Sun, yang pernah menjadi bintang Silicon Valley, pada 27 Januari dan sesudah itu mengajukan tuntutan terhadap Google. Status proyek Java yang menjadi serba tidak pasti saat ini bahkan disebut-sebut menjadi alasan pembuatnya James Gosling mundur dari Sun/Oracle.

Source :
http://tekno.kompas.com/read/2010/10/08/00123687/Google.Lawan.Gugatan.Oracle

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Plasa.com Gandeng eBay Globalkan Pengusaha Lokal

Penulis : Wisnu Arto Subari


JAKARTA--MI: Plasa.com menjalin hubungan lebih erat dengan eBay. Tujuannya, menguatkan penjual lokal sehingga bisa mengakses pasar global yang lebih luas.

Andi S Boediman, Chief Innovation Officer Plasa.com, Mojopia, menyampaikan hal itu di Jakarta, Kamis (7/10). Sekadar informasi, plasa.com telah berdiri sejak 1998. Kala itu, layanannya baru sebatas pengiriman e-mail.

"Seiring waktu, kami melihat potensi bisnis untuk pelaku Indonesia memasarkan produknya. Hasilnya, kini kami mempunyai 550 ribu pengguna yang aktif di e-mail, forum, blog, komunitas sekolah. Kami memiliki 250 ribu produk dengan 1.500 seller," ungkapnya. Ia mematok angka 10 ribu seler akan dirangkulnya pada tahun depan.

Jalan memang tak selamanya mulus. Tantangan terbesar dalam bisnis ini, lanjut Andi, adalah para penjual belum terbiasa dengan transaksi online (daring). Tapi, ia meyakinkan bahwa transaksi di plasa.com hingga kini masih zero fraud atau nol penipuan.

Karena itu, sebagai langkah awal, plasa.com yang merupakan anak perusahaan Telkom akan memprioritaskan pada pelanggan Telkom Group. Kedua, pihaknya akan bicara ke bank. "Kebiasaan bisnis daring akan ada pada orang yang sudah pernah mencobanya," ujarnya.

Jason Lee, Head of Southeast Asia and Middle East eBay Marketplaces, menerangkan bahwa eBay digunakan lebih dari 200 negara yang menjangkau 1,9 miliar pengguna internet. Kini, ada 51% warga Indonesia membeli produk lewat internet. Ada 90 juta penjual Indonesia di eBay.

Ia memprediksi pada 2015 pengguna internet di Indonesia akan melonjak hingga 120 juta jiwa. Karenanya, pihaknya amat tertarik untuk bekerja sama dengan plasa.com. Maklum, itu pasar yang amat menggiurkan. (Was/OL-5)

Source:
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/08/173696/21/2/Plasa.com-Gandeng-eBay-Globalkan-Pengusaha-Lokal

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Awal 2011, HP Janjikan Debut Smartphone webOS


BARCELONA, KOMPAS.com - Hewlett-Packard Co akan memperkenalkan ponsel pintarnya pada awal 2011 dengan menggunakan platform sistem operasi webOS buatan Palm. webOS kini menjadi portofolio HP setelah mengakuisisi Palm senilai 1,2 miliar dollar AS awal tahun ini.

"Anda akan melihat kami datang awal tahun depan dengan ponsel baru," kata Wakil Presiden Senior HP, Eric Cador, dalam sebuah konferensi industri, di Barcelona, Spanyol, Rabu (6/10/2010).

HP membeli Palm untuk memperkuat portofolionya di industri smartphone yang tumbuh cepat. "Lebih penting lagi kami mengakuisisi WebOS," kata Cador.

Saat ini, HP merupakan perusahaan teknologi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan karena menjadi kekuatan yang dominan di industri PC, server, layanan, dan printer. Masuknya Plam akan memperkuat pangsa pasarnya di smartphone yang tumbuh pesat saat ini.

Selain HP, produsen komputer lainnya juga terjun ke smartphoen seperti Dell, Lenovo, dan Acer.

Source:
http://tekno.kompas.com/read/2010/10/08/00485945/Awal.2011..HP.Janjikan.Debut.Smartphone.webOS

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

LAYANAN FACEBOOK

Facebook luncurkan fitur grup baru


SAN FRANCISCO. Facebook Inc menambah layanan baru bagi pengakses situs jaringan sosial tersebut. Yakni dengan menambah cara baru untuk memonitor data personal di situs tersebut serta meng-update fitur yang mempermudah user berinteraksi dengan kelompok grup yang lebih kecil.

Menurut manajemen Facebook, fitur grup akan membantu user untuk mencari kelompok teman yang berbeda sehingga mereka bisa berbagi informasi tertentu kepada orang-orang pilihan.

"Ini merupakan produk. Tapi juga merupakan bangunan yang sangat fundamental bagi jaringan sosial ke depannya," jelas CEO Facebook Mark Zuckerburg.

Pada Agustus, Facebook memperkenalkan fitur yang dinamakan Places. Fitur ini memungkinkan user memberitakan lokasi mereka berada. Namun, hal ini mendapat kritikan tentang privasi seseorang. Sebagai respons, perusahaan memberikan fitur tambahan di mana Facebook memberikan pilihan kepada pengguna mengenai seberapa luas informasi tersebut bisa diberitakan.

Barratut Taqiyyah

Source :
http://klasik.kontan.co.id/internasional/news/48938/Facebook-luncurkan-fitur-grup-baru

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Google Map Indonesia Resmi Tersedia


GOOGLE
Tampilan awal Google Maps Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Google meluncurkan Google Maps Indonesia, sebuah platform pencarian lokal yang membantu pengguna menemukan informasi geografis seperti peta online, citra satelit, panduan arah berkendara, alamat dan daftar perusahaan, melalui PC dan ponsel.

Head of Product Management Google Southeast Asia Andrew McGlinchey di Jakarta Rabu (6/10/2010) kemarin mengungkapkan bahwa Google Maps Indonesia resmi diluncurkan dan siap digunakan untuk memudahkan kehidupan sehari-hari.

"Pengguna dapat dengan mudah mencari dan menemukan informasi suatu tempat yang diinginkan, kapan pun, dan di mana pun," ujar Andrew. Pengguna bisa mengaksesnya di alamat maps.google.co.id. Platform ini diharapkan menjadi peta online yang paling kaya konten dan paling relevan di tanah air.

Sementara itu Head of Marketing Google Southeast Asia Derek Callow juga mengatakan bahwa Google Maps Indonesia memungkinkan pengguna, perusahaan dan pengembang lokal untuk memberi sumbangan informasi mengenai Indonesia. Google menggandeng pelaku bisnis yang berniat mempromosikan serta membagi informasi tentang usaha mereka melalui platform ini. Sejumlah perusahaan yang telah menjadi mitra bisnis Google Maps Indonesia antara lain urbanesia.com, Telkomsel, dan LewatMana.com

"Selain lokasi, Google Maps Indonesia juga mampu menyajikan informasi tentang tempat yang dituju. Sebuah restoran sushi di Jakarta misalnya, si pengguna tidak hanya dapat mengetahui lokasi, tetapi juga mendapatkan informasi tentang restoran sushi tersebut," tutur Derek.

Meski sudah menyediakan berbagai layananya dalam versi Bahasa Indonesia, Google Maps merupakan produk kedua Google yang resmi diluncurkan di Indonesia. Sebelumnya, Google juga meluncurkan secara resmi browser Chrome. Namun, sampai saat ini Google belum membuka kantor perwakilan di Indonesia.

Source :

http://tekno.kompas.com/read/2010/10/07/08375747/Google.Map.Indonesia.Resmi.Tersedia

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

LG Sempurnakan Tablet Penghadang Ipad

PASAR komputer tablet sedang memanas. Setelah PlayBook yang diluncurkan pekan lalu oleh BlackBerry, perusahaan elektronik Korea Selatan LG Electronics Inc pun masuk ke pasar komputer tablet.


Namun, LG masih mencari sistem operasi yang cocok untuk tablet yang dirilisnya. Pasalnya, kemarin, LG mengumumkan bahwa perusahaan tidak akan menggunakan sistem operasi Google Inc's Android 2.2 yang lebih dikenal dengan Froyo.

"Kami berencana memperkenalkan tablet yang dijalankan dengan sistem operasi Android yang lebih andal. Kami sudah berbicara dengan Google dan memutuskan versi yang sesuai dan itu bukan Froyo 2.2," jelas official LG di Seoul.

Keputusan tersebut membuat perusahaan Korea Selatan ini harus mengatur strategi kembali untuk menghasilkan tablet yang lebih atraktif. Hal ini mengingat tablet yang dibuat LG terlambat masuk ke pasar. Bandingkan dengan Apple Inc's yang kini sukses memimpin pasaran tablet PC dengan iPad-nya.

LG sebagai pembuat telepon genggam nomor tiga di dunia memang cukup tertinggal di pasaran smartphone. Untuk menggenjot penjualan, LG memperkenalkan smartphone Optimus One berbasis Android pekan ini.

Perusahaan menargetkan penjualan sebesar 10 juta unit. Saat ini telepon genggam tersebut telah mencapai angka penjualan 1 juta unit. (*/AP/OL-9)

Source :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/05/172828/43/7/LG-Sempurnakan-Tablet-Penghadang-Ipad

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

LAYANAN TV GOOGLE

Debut TV Google bakal dirilis bulan ini


SAN FRANCISCO. Google Inc secara resmi akan meluncurkan debut layanan TV-nya pada bulan ini. Dalam blog posting yang dirilis kemarin, layanan TV tersebut akan meliputi sejumlah konten dari HBO-Time Warner, NBC-General Electric Co, Netflix Inc, dan Twitter Inc.

Google yang mengumumkan rencananya ini sejak Mei lalu juga akan menampilkan sejumlah channel lain seperti TBS, TNT, CNN, dan National Basketball Association. Selain itu, kabarnya Dish Network Corp juga berencana meluncurkan layanannya.

"Ini baru permulaan. Dalam beberapa minggu ke depan, Anda akan mendengar sejumlah situs lainnya juga akan menampilkan konten web-nya untuk televisi Google," kata Google dalam blog-nya.

Asal tahu saja, ekspansi Google kali ini terkait rencananya untuk meningkatkan kapitalisasi pasar seiring dengan tingginya permintaan untuk konten yang mengkombinasikan fitur internet dengan televisi. Bagi Google, layanan TV memberikan cara baru beriklan, yang akan menambah pendapatannya.

Barratut Taqiyyah

Source :
http://klasik.kontan.co.id/internasional/news/48688/Debut-TV-Google-bakal-dirilis-bulan-ini

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Mengintip senjata aplikasi Blackberry

Pengembang makin mudah cari uang dari aplikasi RIM
Oleh: Deriz S. Syarief

Pekan ini Bisnis mengikuti Blackberry Developer Conference 2010 di San Francisco, California, Amerika Serikat. Berikut laporannya.

Di sela-sela Developer Conference (Devcon) itu, penyelenggara layanan Blackberry, yakni Research In Motion (RIM) meng¬umumkan sejumlah inisiatif untuk memperkuat lini aplikasinya.

Inisiatif tersebut berupa peluncuran berbagai tools untuk memudahkan pengembang mencari uang dari aplikasi Blackberry. Segmen enterprise adalah salah satu sumber uang yang merupakan captive market dari aplikasi Blackberry.

RIM mendominasi pasar layanan push mail korporasi melalui Black¬berry Enterprise Server (BES) yang saat ini instalasinya sudah melampaui 250.000 server di seluruh dunia.

Peluang di segmen ini adalah mun¬culnya kebutuhan untuk meng¬akses aplikasi bisnis dari peranti ber¬gerak, seperti Blackberry, seiring de¬ngan mobilitas penggunanya yang se¬makin tinggi.

Namun, proses integrasi aplikasi bisnis ke peranti bergerak sangat su¬lit dan rumit.

Untuk itu, RIM menjawab dengan menyediakan Blackberry Enterprise Application Middleware (BEAM) yang berfungsi sebagai penghubung antara platform Blackberry dan ber¬bagai platform aplikasi bisnis.

Khusus untuk aplikasi itu, RIM menggandeng sejumlah perusahaan peranti lunak bisnis terkemuka, se¬perti Oracle, SAP, dan IBM yang produk aplikasi bisnisnya banyak di¬pa¬kai di enterprise.

Bagi pengembang, mereka tak per¬lu lagi menghadapi kompleksitas ke¬tika memetakan, merunut, dan me-nyesuaikan setiap komponen apli¬kasi bisnis supaya bisa berjalan dari Blackbbery. Mereka cukup memanfaatkan Application Progamming Interface (API) yang sudah disedia¬kan RIM.

Jika API yang berbasis teknologi Java ini sulit bagi mayoritas pengembang, kini mereka bisa mendayagunakan keterampilan web, seperti HTML, CSSm, dan JavaScript untuk mem¬buat aplikasi melalui platform Blackberry WebWorks.

Melalui platform ini, RIM membuka diri bagi pengembang web tanpa kemampuan Java untuk memba¬ngun aplikasi dalam hitungan hari, bahkan jam.

Lewat berbagai kemudahan tersebut, diharapkan akan semakin ba¬nyak lahir aplikasi Blackberry dari tangan-tangan pengembang. Tinggal bagaimana kreativitas pengembang membuat aplikasi yang menarik dan memberikan pengalaman berkesan bagi penggunanya. Rupanya, RIM su¬dah memikirkan hal ini. Supaya aplikasi semakin menarik-belajar dari popularitas aplikasi Facebook-harus ada fitur-fitur yang memung¬kinkan pengguna melakukan aktivitas sosial, seperti dalam jejaring so¬sial.

Jejaring sosial RIM tak lain adalah Blackberry Messenger (BBM), apli¬kasi pesan seketika dan kolaborasi dengan basis lebih dari 28 juta pengguna. Pengembang bisa memanfaatkan popularitas dan fitur-fitur sosial pada BBM dalam aplikasinya sehingga lebih berkesan dan ber¬manfaat bagi pengguna.

Supaya BBM bisa berintegrasi de¬ngan aplikasi, RIM menyedia¬kan BBM Social Platform sehingga apli¬kasi bisa memiliki fitur chatting, mereferensikan aplikasi kepada te¬man, bahkan memanfaatkan kamera dan layanan berbasis lokasi. BBM Social Platform berpotensi mening¬kat¬kan pengalaman pengguna ketika memakai aplikasi game.

Komersialisasi
Setelah pengembangan aplikasi semakin mudah ditambah dengan in¬tegrasi ke BBM sehingga lebih menarik, tinggal bagaimana 'meng¬uangkannya' sehingga menjadi sumber pendapatan bagi pengembang.

Pertama, aplikasi tersebut harus didistribusikan seluas mungkin se¬hingga diketahui pasar. RIM telah menyediakan sarana berupa toko elek¬tronik Blackberry App World yang terpasang di hampir semua model ponselnya. Jika sebelumnya RIM menagih US$200 untuk setiap aplikasi, kini pengembang bisa men-daftarkannya secara gratis.

Tahap kedua komersialisasi adalah menemukan model bisnis bagi apli¬kasi. Ada dua sumber uang dari aplikasi, yakni dari iklan dan penjualan layanan itu sendiri.

Dalam hal iklan, pada Devcon 2010 RIM meluncurkan Blackberry Advertising Service, bekerja sama dengan jaringan biro iklan digital, yakni lima perusahaan saat ini dan total 13 perusahaan pada akhir ta¬hun.

Melalui Blackberry Advertising Service, pengembang tidak perlu pu¬sing memikirkan integrasi teknis dari setiap komponen iklan. Cukup dengan penambahan tiga baris kode pada aplikasi, maka iklan pun tayang.

RIM juga akan mengurusi detail bisnis dengan para pemasang iklan. Sebagai mediator mewakili pengembang, RIM menerapkan bagi hasil 60% dari pendapatan iklan bagi pengembang.

Skema bagi hasil ini juga berlaku bagi penjualan aplikasi, yakni 70% bagi pengembang. Peran RIM di sini juga sebagai mediator antara pengembang dan penyedia layanan pembayaran elektronik dan operator seluler.

Jadi, pengembang tidak perlu re¬pot berhadapan dengan operator se¬luler dan bagi pengguna, mereka bisa membeli aplikasi yang pembayarannya melalui tagihan bulanan atau kartu isi ulang.

Komponen teknis yang memung¬kinkan pembayaran ini adalah Blackberry Payment Service SDK Beta, yang versi rilis pertamanya di¬perkirakan hadir tahun ini.

Selain pembayaran, komponen teknis yang membantu pengembang menyempurnakan aplikasinya ada¬lah Blackberry Analytics SDK bekerja sama dengan WebTrends.

Komponen ini berfungsi memberikan umpan balik dari analisis peri¬laku pengguna aplikasi sehingga pengembang bisa menyempurnakannya pada kemudian hari. Seperti halnya komponen lain, cukup beberapa baris kode saja untuk mengaktifkannya.

Akhirnya, sebagai senjata pa¬mung¬kas agar aplikasi Blackberry tampil menarik, aman, dan andal, baik aplikasi enterprise maupun personal, RIM menawarkan penga¬laman menggunakan aplikasi via Blackberry Playbook.

Tablet ini dirancang sebagai alat kerja di lingkungan enterprise atau¬pun sebagai peranti multimedia. Di sinilah strategi aplikasi RIM terlihat mendukung satu sama lain, guna memperkuat posisi perusahaan itu dari kompetitornya.

Bagi pengembang, ini berarti mem¬perbesar peluang bisnis di pe¬ranti bergerak, khususnya platform Blackberry. (er)


Source :
http://www.bisnis.com/umum/headlines_bisnisindonesia/1id212302.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Beraktivitas bersama Blackberry Playbook

Oleh: Deriz Syahpatria Syarief


Sebelum Research in Motion (RIM) memperkenalkan secara resmi dalam acara pembukaan Developer Conference (DevCon) 2010 pada 27 September lalu, tablet ini dikenal dengan nama Blackpad yang langsung mengingatkan kita pada iPad dari Apple.

Blackberry Playbook masuk dalam kategori produk yang sama dengan iPad, yakni tablet yang diposisikan sebagai peranti hiburan dan multimedia. Sejak diluncurkan April, iPad menjadi benchmark dari produk tablet lainnya.

Untuk Playbook, RIM telah memenuhi semua unsur yang wajib ada pada tablet, mulai dari layar dengan navigasi sentuh, ukuran yang kompak, konektivitas nirkabel, dan akses pada aplikasi.

Namun, Playbook dengan layar 7 inci lebih ringkas dan ringan dibandingkan dengan iPad yang memiliki layar 9,7 inci. Bobot Playbook hanya 0,4kg sedangkan iPad bisa mencapai 0,7 kg. Perbedaan mencolok terlihat dari keberadaan dua unit kamera pada Playbook, masing-masing 3 megapixel yang menghadap muka dan 5 megapixel di belakang. Apple dikabarkan akan menambahkan kamera pada versi iPad yang akan datang.

Di sisi peranti lunak, RIM menggunakan sistem operasi khusus yakni Blackberry Tablet OS buatan QNX. RIM bahkan mengakuisisi QNX yang merupakan pengembang peranti lunak untuk sistem-sistem kritikal seperti mobil, kereta api, pesawat terbang, dan alat-alat medis.

Arsitektur sistem operasi QNX ini sejak awal memang dirancang untuk menangani beban kerja multitasking. Untuk menyediakan aplikasi bagi para pengguna, RIM mengandalkan pada Blackberry App World walaupun jumlah koleksinya jauh lebih sedikit daripada Apple App Store.

Koneksi Playbook tersedia berupa nirkabel 802.11a/b/g/n dan Bluetooth serta microUSB dan microHDMI untuk koneksi kabel. Akan tetapi, koneksi 3G hanya akan tersedia via peranti Blackberry, berbeda dari iPad yang memiliki slot chip selular di dalamnya. RIM mengantisipasi kekurangan ini dengan menyediakan integrasi penuh, terproteksi serta mulus antara ponsel Blackberry dan tablet Playbook.

Spesifikasi enterprise
Memang, dalam hal spesifikasi serta fitur hiburan dan multimedia, para produsen tablet akan kejar-kejaran menjadi yang paling cang-gih. Namun Playbook memiliki diferensiasi yang hampir tidak mungkin dikejar produsen tablet lainnya, dan menjadi landasan dari strategi pengembangan produk RIM ke depan.

Ketika berbicara mengenai RIM, kita tidak bisa mengesam-pingkan basis konsumen terbesarnya yakni para pengguna bisnis dan enterprise yang membe-sarkan perusahaan asal Kanada tersebut.

Bisnis RIM berawal dari menyediakan layanan e-mail yang bisa diakses dengan mudah, cepat, real-time dan aman bagi perusahaan melalui Blackberry Enterprise Server (BES). Saat ini, sudah lebih dari 250.000 instalasi BES di seluruh dunia yang tentunya menjadi captive market bagi produk dan layanan apa pun yang terkait bisnis, termasuk Playbook.

Segmen pengguna bisnis ini memi-liki kebutuhan khusus yang membeda-kannya dari konsumen ritel. Salah satu kebutuhan yang berkembang pesat be-la-kangan ini adalah akses aplikasi bis-nis dari peranti bergerak. Selama ini pengguna ponsel Blackberry sangat terbantu bisnis dengan fasilitas push-mail dalam menjalankan aktivitas, tetapi mereka menuntut lebih.

"Pengguna menyukai peranti Blackberry kami, tetapi ada beberapa skenario pemakaian di mana user membutuhkan peranti bergerak yang lebih lebar dan lengkap," kata Alan Panezic, Vice President Platform Product Management RIM.

Di antara skenario tersebut adalah ketika pengguna memakai aplikasi spreadsheet dan menjalankan proses approval ketika jauh dari laptop. Mobilitas pengguna bisnis yang semakin tinggi membuat mereka menuntut peranti bergerak yang lebih fleksibel dibandingkan dengan laptop dan lebih handal daripada ponsel. Disinilah tablet masuk memenuhi kebutuhan tersebut."Kami ingin memberikan tablet dengan professional-grade mobility," ujar Panezic.

Aplikasi spreadsheet seperti Excel dan Calc adalah aplikasi yang wajib dikuasai pengguna bisnis saat ini. Ke depan, RIM mengantisipasi tren aplikasi bisnis enterprise berbasis Web sehingga akan lebih banyak skenario pemakaian yang tidak dapat ditangani ponsel semacam Blackberry. Hampir semua aplikasi bisnis mulai dari workflow sampai ERP (enterprise resources planning) kini berbasis Web, artinya bisa diakses secara online.

Jika sebelumnya RIM menguasai pasar push-mail berkat Blackberry, melalui Playbook perusahaan itu berupaya menjadi nomor satu di pasar aplikasi bisnis, sekaligus mengukuhkan kepe-mimpinannya di segmen korporasi. Inilah diferensiasi sejati Playbook dibandingkan dengan tablet-tablet lain yang bisa digolongkan sebagai produk konsumer.

Untuk itu, RIM menyiapkan komponen pendukung yang dibutuhkan sehingga Playbook bisa langsung berintegrasi secara mulus dengan aplikasi bisnis. Perusahaan itu mengumumkan Playbook bersamaan dengan peluncuran sejumlah inisiatif untuk membantu pengem-bangan aplikasi bisnis.

RIM menyediakan Blackberry Enterprise Application Middleware (BEAM) dan menggan-deng raksasa peranti lunak enterprise Oracle, SAP dan IBM untuk mengintegrasikan aplikasi bisnisnya. Guna memudahkan pengembangan aplikasi Web, RIM mengem-bangkan platform Blackberry WebWorks yang dilempar sebagai proyek komunitas open source.

"Dari kacamata CIO, Playbook ini menye-derhanakan perusahaan mengadopsi teknologi mobile yang merupakan tuntutan pengguna bisnis," ujarnya.(deriz.syarief@bisnis.co.id)

Source :
http://www.bisnis.com/senggang/gaya-hidup/1id212291.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS