Plasa.com Gandeng eBay Globalkan Pengusaha Lokal

Penulis : Wisnu Arto Subari


JAKARTA--MI: Plasa.com menjalin hubungan lebih erat dengan eBay. Tujuannya, menguatkan penjual lokal sehingga bisa mengakses pasar global yang lebih luas.

Andi S Boediman, Chief Innovation Officer Plasa.com, Mojopia, menyampaikan hal itu di Jakarta, Kamis (7/10). Sekadar informasi, plasa.com telah berdiri sejak 1998. Kala itu, layanannya baru sebatas pengiriman e-mail.

"Seiring waktu, kami melihat potensi bisnis untuk pelaku Indonesia memasarkan produknya. Hasilnya, kini kami mempunyai 550 ribu pengguna yang aktif di e-mail, forum, blog, komunitas sekolah. Kami memiliki 250 ribu produk dengan 1.500 seller," ungkapnya. Ia mematok angka 10 ribu seler akan dirangkulnya pada tahun depan.

Jalan memang tak selamanya mulus. Tantangan terbesar dalam bisnis ini, lanjut Andi, adalah para penjual belum terbiasa dengan transaksi online (daring). Tapi, ia meyakinkan bahwa transaksi di plasa.com hingga kini masih zero fraud atau nol penipuan.

Karena itu, sebagai langkah awal, plasa.com yang merupakan anak perusahaan Telkom akan memprioritaskan pada pelanggan Telkom Group. Kedua, pihaknya akan bicara ke bank. "Kebiasaan bisnis daring akan ada pada orang yang sudah pernah mencobanya," ujarnya.

Jason Lee, Head of Southeast Asia and Middle East eBay Marketplaces, menerangkan bahwa eBay digunakan lebih dari 200 negara yang menjangkau 1,9 miliar pengguna internet. Kini, ada 51% warga Indonesia membeli produk lewat internet. Ada 90 juta penjual Indonesia di eBay.

Ia memprediksi pada 2015 pengguna internet di Indonesia akan melonjak hingga 120 juta jiwa. Karenanya, pihaknya amat tertarik untuk bekerja sama dengan plasa.com. Maklum, itu pasar yang amat menggiurkan. (Was/OL-5)

Source:
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/10/08/173696/21/2/Plasa.com-Gandeng-eBay-Globalkan-Pengusaha-Lokal

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar