INDUSTRI OTOMOTIF

Senin, 15 November 2010 08:15
Yamaha genjot jumlah teknisi muda


DENPASAR. Tingginya permintaan akan teknisi di bisnis otomotif yang terus bertumbuh membuat PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku agen tunggal pemilik merek (ATPM) motor Yamaha berusaha terus mencetak teknisi-teknisi berskala internasional. Untuk itu, Yamaha rajin menggelar ajang Indonesia Technician Grand Prix (ITGP).

YMKI menggelar ajang pencarian bakat teknisi muda sejak Mei 2010. Dus, tahun ini merupakan ajang ITGP ke-11. Tahun ini ITGP diikuti 9.800 teknisi muda Yamaha dari seluruh Indonesia.

“Antusiasme teknisi Yamaha sangat tinggi dalam acara ITGP kali ini, terbukti peserta sekarang lebih banyak 10% dari tahun sebelumnya," kata Paulus S. Firmanto, Promotion General Manager YKMI, Minggu (14/11).

Ia menambahkan, kini YMKI sangat membutuhkan teknisi bertaraf internasional. Karena, demand after sales service di daerah sangat tinggi. "Teknisi kini dituntut tak hanya sebagai tukang otak-atik motor rusak tetapi juga sebagai advisor pengguna Yamaha dan calon pembeli," imbuhnya.

Berdasar data YMKI, saat ini ada 2.700 bengkel resmi Yamaha di seluruh Indonesia. Bengke-bengkel tersebut akan melayani 60 juta layanan after sale. Ini dengan asumsi jumlah motor Yamaha mencapai 3 juta unit tahun ini.

Muhamad Abidin, Manager Technical Support Service Division YMKI, mengatakan, ajang ITGP 2010 merupakan titik awal bagi Yamaha untuk mengembangkan kemampuan teknisinya pada motor berteknologi injeksi. Karena, mulai tahun depan Yamaha akan fokus memproduksi motor jenis ini yang sesuai dengan standar Euro 3.

"Tahun depan, 50% produksi Yamaha adalah motor injeksi," kata Muhamad Abidin.

Sebagai tambahan informasi, dari 9.800 peserta, akhirnya tersaring 43 teknisi terbaik. Dari jumlah itu, Disep Priyadi, pemuda berusia 22 tahun menyandang juara pertama dan menjadi wakil Indonesia di ajang World Technician Grand Prix di Jepang tahun 2012.

Kriteria penilaian oleh dewan juri, antara lain teori seputar motor, perakitan, hingga cara handling costumer dan complain. Obyek uji cobanya adalah Yamaha Byson dan Xeon.

Ario Fajar

Source :
http://klasik.kontan.co.id/industri/news/52384/Yamaha-genjot-jumlah-teknisi-muda

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

JagadOOT mengatakan...

Semoga artikel ini dimanfaatkan oleh industri otomotif Indonesia untuk semakin berkembang dan tumbuh untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menghasilkan produk mobil keluarga ideal terbaik Indonesia

Posting Komentar