Inggris peringatkan 'peta jalan' Google

Kamis, 04/11/2010 05:01:23 WIB


Oleh: AP

LONDON: Pemerintah Inggris menyatakan Google melanggar ketentuan yang mengatur perlindungan data karena peta jalan yang digunakan 'raksasa pencari' itu menggunakan data dari jaringan nirkabel pribadi.

Badan yang berwenang menangani informasi di negara itu menyatakan data yang dimiliki perusahaan pencari di Internet itu akan diaudit dan diminta tidak akan melakukan pelanggaran lagi.

Meski demikian, Inggris tidak menjatuhkan denda kepada Google Inc atas kesalahannya tersebut. Namun, perusahaan yang berbasis di Mountainview, Kalifornia itu akan menghadapi hukuman jika menolak mematuhi keputusan tersebut.

Program pemetaan jalan yang dikembangkan Google itu sudah mengundang sejumlah masalah terkait dengan privasi sejak diluncurkan pertama kali. Pihak berwenang di seluruh dunia mengajukan sejumlah pemeriksaan terhadap teknologi yang dilancarkan perusahaan itu.

Pekan lalu, Italia melaporkan pelaksanaan investigasi terhadap layanan Google yang dicurigai melanggar ketentuan. Spanyol bahkan menyatakan Google tidak hanya menghadapi satu pemeriksaan,melainkan dua penyelidikan terkait dengan program tersebut.

Namun, layanan yang dikembangkan Google itu tetap populer. Kantor bidang informasi Inggris itu bahkan sempat mempersilakan pengguna Internet untuk menemukan alamat dengan menggunakan Google Maps.(luz)

Source :
http://www.bisnis.com/sektor-riil/telematika/1id218434.html

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar