BlackBerry Kalah Pamor dari Google Android

Rabu, 03 November 2010 06:40 WIB
Penulis : Annisa Indri Lestari


PLATFORM Google Android berhasil menduduki peringkat dua dunia di pasar sistem operasi (OS) smartphone pada kuartal III 2010. Tahun ini, Android berhasil menggeser posisi sistem operasi Blackberry.

Demikian disampaikan perusahaan riset Canalys pada Senin (1/11).

Nokia dengan sistem operasi Symbian masih memimpin pasar dengan meraup pangsa 37%. Sementara Android memiliki pangsa 17%. Angka tersebut melampaui Research In Motion (RIM) untuk Blackberry, Apple dan Microsoft.

Meningkatnya popularitas ponsel Android yang dibuat beberapa perusahaan termasuk Motorola Inc, HTC Corp dan Samsung Electronics menempatkan Google pada posisi yang baik untuk perangkat mobile buatan mereka.

Kepala Eksekutif Google Eric Schmidt mengharapkan pencarian situs secara 'mobile' dapat menghasilkan pendapatan besar bagi perusahaan. "Banyak operator mendorong smartphone ke arah prabayar. Hal ini akan menghasilkan banyak pendapatan dari lalu lintas data," kata analis Pete Cunningham.

Sejak muncul di pasaran dua tahun lalu, sistem operasi Android yang ditawarkan gratis untuk vendor ponsel ini mengalami pertumbuhan dramatis. Tiga bulan lalu ia melihat pertumbuhan 14 kali lipat dari level tahun lalu.

Sekarang dengan adanya lonjakan ponsel Android, smartphone murah menjadi daya dukung pertumbuhan pasar secara keseluruhan. (*/Reuters/OL-9)

Source:
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/11/03/179308/48/7/BlackBerry-Kalah-Pamor-dari-Google-Android

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar