Tablet Memakan Pangsa Pasar Netbook

Kamis, 11 November 2010 06:28 WIB

Penulis : Annisa Indri Lestari

Peluncuran perangkat tablet seperti iPad Apple disinyalir akan memangkas penjualan netbook dan mini notebook. Namun perangkat tablet tidak akan mematikan mematikan pasar netbook dan mini notebook.

Menurut laporan terbaru perusahaan riset International Data Computer (IDC), tetap terjadi pertumbuhan netbook di tahun-tahun mendatang meski pertumbuhannya lambat.

IDC memproyeksikan pengiriman netbook di seluruh dunia mencapai 37,8 juta unit pada 2010 atau naik 10,3% dari 2009. Nah, empat tahun ke depan, tingkat pertumbuhan tahunan pasar netbook seluruh dunia diperkirakan hanya 4,3%.

"IDC tidak mengharapkan tablet membawa kematian pada pasar mini notebook. Namun tak bisa dibantah lagi bahwa saat ini perhatian telah bergeser ke perangkat yang lebih baru," kata Bob O'Donnell, Vice President Bidang Klien dan Display di IDC.

Ia menambahkan, kedatangan tablet banyak mengurangi permintaan mini notebook di pasar pendidikan.

IDC melihat Amerika Latin, Eropa Timur dan Tengah, Timur Tengah dan Afrika sebagai pasar potensial terkuat netbook. Dengan tingkat pertumbuhan tahunan diharapkan di atas 20% sepanjang 2009-2014. Karena banyak pemerintah menindaklanjuti inisiatif pendidikan untuk membawa netbook ke dalam kelas.

Adapun pasar netbook di Amerika Serikat hanya mengalami pertumbuhan satu digit lebih rendah, sementara pasar Eropa Barat akan turun 11% selama periode lima tahun mendatang. (Xinhua/OL-9)

Source :
http://www.mediaindonesia.com/read/2010/11/11/180922/43/7/Tablet-Memakan-Pangsa-Pasar-Netbook

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar