Alamat Prototipe Facebook Terjual Rp 270 Juta

Jumat, 19 November 2010 09:36 WIB


WAYBACK MACHINE
Tampilan Facefox di www.facemesh.com masih ada sampai tahun 2008.

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com - Facebook kini telah menjelma menjadi salah satu perusahaan internet bernilai triliunan rupiah. Bahkan jejaknya pun masih laku dengan harga tinggi. Salah satunya alamat internet www.facemesh.com yang pernah menjadi alamat prototipe Facebook di tahun 2003.

Dalam lelang yang dilakukan Flippa, alamat laman tersebut terjual sebesar 30.201 dollar AS atau sekitar Rp 270 juta. Mark Zuckerberg menggunakan alamat situs tersebut saat pertama kali menguji layanan jejaring sosialnya pada suatu malam bulan Oktober 2003 dari kamar asrama di Harvard.

Lelang situs tersebut telah dimulai sejak 5 Oktober 2010 lalu atau beberapa hari sebelum pemutaran perdana film Social Networking yang mengangkat intrik selama pendirian Facebook. General Manager Flippa, Dave Slutzkin memastikan pemenanga lelang bukan karyawan Facebook maupun Sony Pictures yang memiliki alamat situs www.facemesh.net.

Waktu itu belum dinamai Facebook. Versi awal ini bisa dibilang Hot or Not karena menyajikan foto-foto mahasiswi-mahasiswi di berbagai universitas. Pengunjung diminta memberi nilai setiap profil mahasiswi tersebut mana yang paling menarik. Dalam waktu sehari, Facemesh kabarnya berhasil menarik 450 pengunjung dan menghasilkan page view 22.000.

Namun, situs tersebut hanya bertahan beberapa hari dan diblokir pihak Universitas Harvard. Meski demikian, dari pelacakan melalui situs Wayback Machine, layanan tersebut masih bisa diakses sampai Februari 2008 dengan nama Facefox.

Penulis: Tri Wahono
Editor: Tri Wahono

Source :
http://tekno.kompas.com/read/2010/11/19/09361233/Alamat.Prototipe.Facebook.Terjual.Rp.270.Juta

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar